TUGAS 3 KOMPUTER BISNIS

order Indocin

tugas kombis (3)

isotretinoin without prescription
Author: handaya triii Post Date: October 17 2012

  • Latar Belakang Bisnis Online

Bisnis Online adalah segala kegiatan (bisnis/urusan/kepentingan) yang menggunakan fasilitas internet untukmencapai tujuan (keuntungan/profit). Menurut situs wikipedia.org, Bisnis online dikenal dan digambarkan sebagai Perdagangan elektronik.

Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis. Sebenarnya, sejak kapankah bisnis online menjadi booming di dunia? Inilah sejarah e-commerce atau di Indonesia kita kenal sebagai bisnis online.

Perkembangan bisnis yang sangat pesat, menimbulkan persaingan pasar yang cukup ketat. Setiap harinya muncul pelaku bisnis yang mengenalkan produknya dengan kreativitas dan inovasi baru, sehingga persaingan pasar pun tidak bisa dihindarkan lagi. Jika para pelaku usaha tidak berusaha menjadi diri yang kreatif dan inovatif, usahanya hanya akan tergerus persaingan pasar.

Kreatif dan inovatif dalam menjalankan bisnis , menjadi salah satu kunci sukses sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan pasar. Peningkatan dua situ mencapai hingga 31% di indonesia, perkembangan e-commerce di tandai dengan bertmbuh nya situs jual beli di tambah dengan marak nya istilah startup yang dipakai oleh kaum muda di indonesia untuk memulai bisnis berbasis internet. Di indonesia mencari referensi kebutuhan barang atau jasa dilakukan melalui media internet, data spire menunjukkan 90% orang mencari referensi/informasi melalui rekomendasi dari orang yang mereka kenal, sementara sejumlah 10% merupakan opini atau testimoni mereka saja.

Manfaatkan jaringan internet untuk menjangkau konsumen, karena internet bersifat global dan mendunia sehingga kita dapat menjangkau kosumen yang jauh dengan mudah dengan mempromosikan produk dengan mudah di internet. salah satu caranya dengan membuat blog atau website sederhana.

Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara untuk membuat blog atau website, ada banyak buku-buku yang dijual yang membahas mengenai bagaimana cara membuat sebuah blog atau website untuk berbisnis secara online, atau bisa juga dengan mendaftarkan diri pada kursus-kursus pembuatan blog, atau pada suatu sekolah khusus atau sekolah blog yang memberikan pendidikan yang sangat lengkap tentang bagaimana cara untuk membuat blog, meningkatkan kapasitas blogging dan bagaimana menghasilkan uang dari blog itu.

Pada awalnya, home based business memang tidak membutuhkan karyawan, persediaan, sewa menyewa dll dan cukup menguntungkan. Namun begitu bisnis berkembang pesat, maka si pemilik usaha tersebut akan terjebak oleh kesibukan yang sangat menyita waktu, uang dan tenaga. Untungnya, ada beberapa cara untuk membuat Home Based Business berkembang tanpa mengurangi keuntungan bisnis dan ketentraman. Berikut ini adalah 10 langkah untuk mengembangkan Home Based Business :

1. Fokus pada satu produk atau jasa, lalu pasarkan, promosikan, jual , lakukan tindakan apapun untuk meningkatkan penjualan. Walaupun ada hasrat untuk melakukan bisnis dengan menjual multi produk atau multi jasa untuk memenuhi kebutuhan pasar, namun seringkali focus pada satu atau dua produk dan melakukannya dengan sangat baik akan mengurangi risiko dan lebih menguntungkan.

2. Kembangkan lini produk untuk melengkapi produk dan jasa yang sudah ada. Pada saat produk anda terbukti banyak pembelinya, jangan lalai untuk mengambil peluang dari produk yang relevant untuk mendiversifikasi lini produk. Hal ini tidak saja akan memberikan variasi produk, tapi juga akan menarikan bagi pembeli retail yang bertipe suka mengkonsumsi produk yang beragam namun masih satu lini.

3. Carilah Cara untuk meningkatkan penjualan kepada pelanggan yang sudah pernah mencoba produk anda. Akan lebih murah untuk melakukannya. Walaupun kamu tidak dapat mengembangkan lini produk, kamu dapat meningkatkan pendapatan dengan cara Volume Discount. Contoh : Beli satu dapat dua, kartu discount kunjungan. Teknik ini dapat juga di gunakan pada Home Based Business.

4. Mulailah untuk memperkerjakan seseorang, karyawan partimer, kontraktor independent, pegawai lepasan (freelancer) ataupun keluarga. Hal ini bukan saja akan meringankan casflow dengan cara menyesuaikan biaya dengan level pekerjaan yang ada, namun juga dapat menggunakan tenaga kerja yang berkompeten, yang mungkin kamu tidak sanggup memperkerjakan secara full time.

5. Membuat web site untuk mengiklankan perusahaan secara online. Sekarang tidak perlu lagi membuka took untuk menjaring pelanggan retail. Untuk pemasar produk special: buku2 langka dan barang2 koleksi, Toko online akan membawa kamu untuk memperoleh jutaan pelanggan tanpa membayar sewa, utility dan koleksi-koleksi tak berharga. Pengembangan website sendiri dengan hanya usd30 per bulan tanpa pengetahuan teknis. Perusahaan yang membantu anda untuk mendaftarkan Domain Anda akan menyediakan Template Online, Hosting Website di server dia, menyediakan beberapa alamat email.

6. Join dengan pemilik bisnis lain untuk mempromosikan bisnis anda. Berpartner dengan pemilik bisnis yang masih related adalah salah satu tehnik marketing yang termurah dan termudah.

7. Mulai memasarkan ke pasar yang lain. Bila target pelanggan kamu adalah remaja, mulailah arahkan kepada mahasiswa. Kalau target market anda adalah ibu2 pekerja, mungkin anda juga bisa menjual produk yang bisa di pakai di rumah dengan beberapa modifikasi. Strategi yang lain adalah dengan menggunakan produk berorientasi retail dan menjualnya secara wholesale. Contoh, Catering yang menjual kue2 kecil dan ringan, dapat menghubungi perusahaan kue local untuk menjual kepadanya secara wholesale. Walaupun harga yang anda tetapkan lebih murah, namun akan memperoleh pendapatan yang lebih konsisten.

8. Carilah cara baru dan berbeda untuk memasarkan bisnis anda melalui Email Newsletter atau menjadi pembicara tamu atau pembicara di suatu instansi. Pada dasarnya memasarkan bisnis tidak perlu menggunakan media yang membutuhkan biaya mahal untuk memasang iklan, kita dapat menggunakan Teknologi Informasi yang mulai berkembang diantaranya seperti Blog, informasi melalui Face Book, dan lain-lain.

9. Kembangkan ke lokasi lain. Ini bisa dengan menyewa Virtual office di Pusat Bisnis atau Menyewa bersama pemilik UKM lainnya. Ada peluang untuk mendirikan kantor sementara, ketika anda membutuhkan suatu pengembangan tertentu. Seperti menyewa Temporary Office dll.

10. Pertimbangkan untuk mengembangkan bisnis anda dengan jalan Waralaba atau Peluang Bisnis.

 

  • Perkembangan Bisnis

Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat teknologi informasi dunia maya semakin berkembang dengan pesat. Hal ini ternyata bisa mendorong perubahan gaya hidup untuk sebagian besar masyarakat tanah air. Ketika melihat kondisi yang ada di sekitar kita, saat ini dapat dikatakan masyarakat cenderung lebih dinamis dan menginginkan segala bentuk pelayanan yang serba praktis, mudah dan cepat. Dulu masyarakat lebih senang berbelanja dengan sistem konvensional yaitu datang langsung ke sebuah toko offline untuk melakukan transaksi jual beli, sekarang ini masyarakat lebih memilih untuk memesan produk atau jasa melalui toko online yang memberikan pelayanan yang cepat juga mudah pada para konsumennya selama 24 jam penuh. Cara ini dipandang lebih praktis sehingga sebagian besar masyarakat memilih cara ini.

Maka janganlah heran bila saat ini kondisi tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha yang ingin mendapatkan keuntungan besar. Para pelaku usaha ini membuka bisnis toko online untuk mendapatkan keuntungan besar setiap bulannya. Tngginya minat konsumen dan luasnya jangkauan pasar yang dapat diraih membuat pelaku usaha tertarik dan mulai merambah usaha melalui dunia maya. Tidak sedikit dari mereka yang bahkan mampu mendatangkan keuntungan yang besar sampai jutaan rupiah melalui transaksi jual beli online yang mereka tawarkan. Sebagian dari mereka melakukan bisnis satu ini sebagai pengembangan usaha selain usaha utama yang mereka tekuni.

  • Analisa desain web

Selain pengunjung ternyata adalagi faktor yang harus kita perhatikan saat merangkai sebuah desain web yaitu susunan yang sesuai dengan selera robot-robot crawler. Tujuannya tentu saja untuk membantu sebuah situs pada proses optimisasi, bagi para pelaku SEO langkah ini tentu merupakan salah satu yang penting untuk dilakukan…

Nah, bila kita membahas selera pengunjung tentu akan lebih mudah mencari faktor-faktor yang menyebabkan mereka betah pada sebuah blog. Diantaranya artikel yang menarik, para pengunjung yang atraktif, widget-widget yang sesuai tema blog, desain yang rapi, loading yang cepat, dsb bisa kita analisa semua. Tapi bagaimana dengan selera search engine, bagaimana cara kita mengetahuinya ?

Beberapa waktu lalu, saat sedang berkunjung ke blog sobat benny, saya melihat ada sebuah tools yang bisa kita fungsikan untuk menganalisa desain web apakah sudah sesuai dengan selera search engine atau belum. Namanya tools tersebut adalah Raven internet marketing Tools atau Raven-SEO-Tools.

Dalam bisnis online sebenarnya tools ini disediakan untuk berbagaimacam kegiatan SEO antara lain Meneliti, Manage web, Monitoring, Pelaporan tentang SEO, dsb. Jadi banyak hal yang bisa kita analisa dengan tools ini, diantaranya yaitu desain analyzer atau menganalisa desain web kita.

 

SUMBER : http://www.wikipedia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *