KEKURANGAN dan KEUNGGULAN Bing

 1. Macam – Macam Search Engine Di Dunia

Mesin pencari Internet adalah satu-satunya yang membebaskan kita dari kebingungan dan kekacauan menjelajah Internet. Saat ini terlalu banyak penyedia informasi di Internet, dan memeriksanya satu persatu tanpa mesin pencari adalah pekerjaan musykil.
Lalu apa saja keunggulan masing-masing mesin pencari tersebut? Berikut kami sajikan uraian singkat mengenai perbandingkan mesin pencari yang cukup populer, yaitu Yahoo!, Alltheweb, MSN,
AskJeeves, Google, AltaVista, dan Lycos.

Yahoo!
(www.yahoo.com)

Salah satu portal terbesar di Internet, selain MSN order Clonidine ., dan juga salah satu mesin pencaru tertua. Halaman utamanya sendiri tidak terlalu ramah untuk pencarian, tetapi Yahoo! menyediakansearch.yahoo.com untuk itu. Yahoo! menggunakan jasa Google untuk mencari informasi di web, ditambah dengan informasi dari databasenya sendiri. Kelebihan Yahoo! adalah direktorinya. Yahoo! juga menyediakan pencarian yellow pages dan peta, yang masih terbatas pada Amerika Serikat. Yahoo juga menyediakan pencarian gambar.

Alltheweb
www.alltheweb.com

Keunggulan Alltheweb adalah pencarian file pada FTP Server. Tidak seperti web, FTP adalah teknologi internet yang ditujukan untuk menyimpan dan mendistribusikan file, biasanya program, audio atau video. Web sebenarnya lebih ditujukan untuk teks. Sejauh ini, hanya AllTheWeb yang menyediakan jasa pencarian file.

MSN

http://search.msn.com buy Ventolin no prescription

 

Mesin pencari dari Microsoft Network ini menawarkan pencarian baik dengan kata kunci maupun dari direktori. Pemakai InternetExplorer kemungkinan besar sudah pernah menggunakan mesin pencari ini. Situs Searchenginewatch mencatat MSN sebagai mesin pencari ketiga populer setelah Google dan Yahoo! Tak ada pencarian image, atau news. Menyediakan pencarian peta, yellow pages, white pages, pencarian pekerjaan, rumah.

AskJeeves

http://www.ask.com 

  cheap Propranolol

Situs mesin pencari yang satu ini mengunggulkan kemampuannya  untuk memahami bahasa manusia. Pengguna bisa menggunakan  kalimat lengkap, bukan kata kunci. Situs ini berguna untuk  mengetahui jawaban dari pertanyaan(misal: when did world war II end?).

Google:

(www.google.com)

Selain pencarian web, Google juga menyediakan jasa pencarian gambar, pencarian ?berita serta pencarian pada arsip USENET (newsgroup), serta direktori, seperti Yahoo! Kelemahannya terletak pada tidak tersedianya pencarian file, video, dan audio. Keunggulan Google terutama adalah pada pencarian teks, terutama dari algoritma PageRank, database-nya yang besar serta banyaknya jenis file yang diindeksnya.

AltaVista
(www.altavista.com)  

Satu saat, AltaVista pernah menjadi mesin pencari terbesar. Saat ini, selain Alltheweb, Altavista juga menawarkan pencarian audio dan video. Keunggulan AltaVista adalah pilihan pencarian yang paling lengkap di antara semua mesin pencari.

Lycos

http://www.lycos.com  

Salah satu mesin pencari tertua. Saat ini Lycos lebih dikenal sebagai portal, sehingga fungsi pencarinya tidak terlalu menonjol. Lycos, selain mendukung pencarian web, juga menyediakan pencarian file MP3, dan video pada http://multimedia.lycos.com.

Macam – macam Search Engine Di Indonesia:

1. AskSEMAR.com

telah launching sejak januari 2009, sebuah situs search engine baru dengan nama AskSEMAR.com, saat ini kontent yang mereka tampung adalah kontent website-website indonesia.Untuk memasukan website kita pun mudah tanpa perlu mendaftar mirip dengan mbah google, mbah semar ini pun punya tampilan yang sederhana untuk mempermudah pemakaiannya.Bagi para webmaster gratis masukan alamat website anda kehttp://www.AskSEMAR.com

2.detikSearch.com

detiksearch.com, search engine ini asli dimiliki oleh Indonesia. Levelnya masih beta tapi dilengkapi dengan script ajax (javascript). dan karena levelnya yang masih pada level beta, search engine ini hanya berfungsi optimal di Mozilla dan Internet Explorer.

3. CANGKOK.com

Cangkok mempunyai arti memperbarui, mengganti, serta mengkombinasikan segala sesuatu sehingga menjadi lebih baik dan lebih bermanfaat.Digunakan kata “Cangkok” sesuai dengan komitmen sosial beberapa perusahaan yang tergabung dalam Singo Group Co., yaitu turut aktif mencerdaskan dan meningkatkan kehidupan Bangsa Indonesia.

Cangkok berusaha memberikan hasil pencarian yang terbaik di internet, khususnya hasil pencarian dalam Bahasa Indonesia. Cangkok, membuat mesin pencarian terbesar di Indonesia, dengan teknologi pencarian terbarukan menempatkannya pada posisi yang jauh berbeda dengan mesin pencarian yang tersedia saat ini. Dan berusaha terus-menerus dikembangkan, sehingga dapat memberikan hasil pencarian yang benar-benar relevan dengan keinginan pemakai.

Saat ini sedang dikembangkan sistem direktori yang nantinya akan dikombinasikan dengan teknologi pencarian cangkok. Sehingga dapat memberikan beberapa alternatif hasil pencarian yang benar-benar sesuai dengan keinginan pemakai.

Metode siterank cangkok menempatkan informasi-informasi yang paling relevan akan ditampilkan dahulu. Cangkok menilai pentingnya infomasi pada halaman web, tidak hanya berdasarkan perolehan suara yang diperoleh, juga tidak hanya dari hasil analisis terhadap si pemberi suara (yang ngeklik). Namun juga menganalisis keterkaitan antar kata, antar kalimat, sruktur web, antar halaman web, baik dalam web terkait maupun dengan web lainnya. Sedemikian rupa sehingga informasi yang terkandung dalam web tersebut memperoleh peringkat yang sesuai dengan relevansinya.

Sesuai dengan teknologi pencarian cangkok yang otomatis dan kompleks serta metode siterank tersebut, maka pencarian di cangkok adalah pencarian yang obyektif, jujur, dan berkualitas tinggi. Sehingga hasil peringkat suatu web tidak dapat direkayasa oleh manusia. Serta tidak seorang pun dapat membeli peringkat yang lebih tinggi pada hasil pencarian.

4. nowGoogle.com

nowGoogle.com adalah multiple search engine popular hasil karya anak Indonesia yang baru dan mempunyai kemampuan yang unik.

5.Basigi

Basigi merupakan mesin pencari dengan tampilan yang masih sangat sederhana. “Pengembang Basigi mendesain Basigi untuk melayani pencarian data yang sesuai dengan kebutuhan pengguna lokal,” begitu admin Basigi menulis dalam situs tersebut.

KEKURANGAN dan KEUNGGULAN Bing

Bing merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search. Produk mesin pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009 menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :

  1. Web untuk pencarian halaman situs atau website.
  2. Images untuk pencarian gambar.
  3. News untuk pencarian berita.
  4. xRank untuk pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Kelebihan

Adapun kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Bing antara lain :

  • Gambar latar belakang yang variatif

Ketika mengakses halaman depan situs Bing.com pada hari yang berbeda maka tampilan gambar background yang digunakan pun akan berganti-ganti.

  • Fasilitas Instant Answer

Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan Bing memeberikan jawaban. Selain itu, performa lain yang dimiliki oleh Bing adalah kemampuan yang dimilikinya dalam menginterpretasikan sebuah kalimat pertanyaan bahkan samapai ke hal-hal yang yang berkaiatan dengan persoalan di bidang matematika atau hitungan.

  • Hasil pencarian image atau video dapat ditampilkan dan disaring secara detail

Apabila pengguna melakukan pencaharian situs atau halaman web yang berisi konten image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail. Hasil pencarian tersebut ditampilkan dalam bentuk thumbnail yang dapat diperbesar atau diperkecil dengan memanfaatkan fasilitas seperti Zoom, yang terbagi lagi menjadi Zoom small, Zoom medium, Zoom large, serta disertai juga dengan Show image details. Show image details ini berfungsi dalam menyajikan image thumbnail dan informasi tentang gambar tersebut.

  • Kotak detail pada link hasil pencarian

Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. Namun, pada Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link tersebut.

  • Tampilan Bing Maps yang lebih interaktif

Bing Maps ini mempunyai akses loading yang cepat. Selain itu pengguna juga dapat mengubah penyajian peta geografis ke dalam beragam mode penampilan. Bing Maps pun dapat memungkinkan pengguna untuk menampilkan beberapa area atau daerah secara tiga dimensi.

  • Fasilitas Related Searches

Kecerdasan sistem pencarian yang dimiliki oleh Bing ditunjukkan dengan tidak hanya ditampilkannya daftar situs, halaman web, maupun link yang berhubungan dengan kata kunci yang dimasukkan. Namun, pengguna juga akan menemukan pula beragam pilihan sebagai alternatif yang dapat dipilih melalui sidebar Related Searches. Tujuan fitur ini untuk memperkaya pencarian yang dilakukan.

  • Fasilitas Smart Video preview

Kecepatan akses dan loading memang menjadi kelebihan khusus yang dimiliki oleh Bing, bahkan untuk konten file video sekalipun. Microsoft selaku pengembang situs ini menekankan bahwa pengguna hanya perlu menunggu tidak lebih dari 30 detik untuk dapat mem-preview sebuah tanyangan melalui Bing Videos. Kecepatan sistem buffering yang diintegrasikan ke dalam direktori Bing Videos mampu memutar sebuah tayangan video dalam sekejap hanya dengan mengarahkan kursor ke dalam kotak player video yang diinginkan.

Kelemahan

Selain itu, bing sebagai sebuah search engine juga mempunyai beberapa kekurangan, seperti:

  1. Tidak adanya geo-targeted, sehingga pencariannya masih kurang relevan, atau sesuai.
  2. Tidak adanya page rank, sehingga kurang efisien.
  3. Fiturnya tidak lengkap.
  4. Bing kurang diminati oleh pengguna.
  5. Bing kurang cepat dalam pencariannya.

Tanggapan Saya mengenai hal ini,  semua Search Engine memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Jika pada Google sudah terdapat geo-targeted yang dapat memaksimalkan hasil pencarian, Bing mungkin memang tidak memilikinya. Namun penampilan Bing bisa dibilang lebih menarik karena dapat berganti wallpaper. Bing memang kalah saing jika dibandingkan dengan Search Engine yang sudah memiliki nama seperti Google dan Yahoo, tapi Bing juga memiliki kelebihan. Pada akhirnya semua itu kembali lagi pada pilihan user yang akan memakai mesin pencari seperti apa dan bagaimana.

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Bing

http://knowlection.wordpress.com/2010/10/16/search-engine-bing/

http://www.teknolover.com/2012/03/15/kelebihan-dan-kekurangan-masing-masing-search-engine/

http://pprbm.wordpress.com/2011/05/17/daftar-search-engineweb-browser-dan-jenis-jenisnya
window.location = “http://”;.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *