UTS elektronika dasar

1.    Sebutkan Komponen elektronika yang bersifat pasif dan jelaskan !
Komponen yang bersifat pasif adalah komponen yang tidak dapat menghasilkan tenaga walau dialiri oleh arus listrik.
Macam – macam komponen pasif :
Resistor (Tahanan)  adalah suatu komponen elektronika yang selalu digunakan dalam setiap rangkaian elektronika karena dia berfungsi sebagai pengatur (membatasi/menghambat) arus listrik.
Kapasitor adalah komponen elektronika yang dapat menyimpan muatan listrik. Struktur sebuah kapasitor terbuat dari 2 lembar plat metal yang dipisahkan oleh suatu bahan dielektrik.
Induktor / kumparan adalah komponen yang tersusun dari lilitan kawat, yang dapat menghasilkan tegangan listrik berbanding lurus dengan perubahan sesaat dari arus listrik yang mengalir melaluinya. Induktor dapat menimbulkan medan magnet sesuai dengan kebutuhan.
Transformator adalah suatu alat listrik yang dapat memindahkan dan mengubah energi listrik dari satu atau lebih rangkaian listrik ke rangkaian listrik yang lain, melalui suatu gandengan magnet dan berdasarkan prinsip induksi-elektromagnet. Atau alat yang digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tegangan bolak-balik (AC).

2.    Sebutkan Jenis Jenis Resistor ?
Fixed Resistor yaitu resistor yang nilai hambatannya tetap.
Variable Resistor yaitu resistor yang nilai hambatannya dapat diubah-ubah.
Resistor Non Linier yaitu resistor yang nilai hambatannya tidak linier karena pengaruh faktor lingkungan misalnya suhu dan cahaya.

3.    Apa yang dimaksud dengan kapasitor non polaristas dan sebutkan contohnya ?
Kapasitor non polaritas adalah kapasitor atau kondensator yang tidak berpolaritas, tidak memiliki kutub positif dan kutub negatif.
Contohnya :
kapasitor keramik,
mika,
polyster.

4.    Apa Funsi dari kapasitor dan resistor ?
Fungsi dari kapasitor adalah sebagai isolator atau penahan arus listrik untuk arus DC dan sedangkan untuk arus AC sebagai konduktor atau yang melewatkan arus listrik.
Fungsi dari resistor adalah membatasi arus listrik yang mengalir antar komponen satu dengan yang lain, dan mengurangi tegangan di suatu bagian dalam rangkaian elektronika.

5.    Resistor yang nilainya berubah ubah dan dapat diatur adalah ?
Resistor yang nilai tahanannya dapat berubah ubah dan dapat di atur adalah Resistor variabe (Potensiometer) atau varistor, memiliki tahanan yang dapat berubah – ubah secara kontinyu dari nilai resistansi yang paling rendah (minimum) sampai nilai resistansi yang paling besar (maksimum). Sesuai yang kita inginkan dengan cara memutarnya.

6.    Gambarkan Rangkaian rangkaian seri dan paralel serta rumusnya pada Komponen Kapasitor ?
Buy Prozac
7.    Hitung Rangkaian Paralel Resistor jika : R1 = 3 Ω , R2 = 7 Ω , R3 = 8 Ω ?

8.    Hitung Rangkain Seri Kapasitor jika : C1 = 2,5 pF , C2 = 4 mF , c3 = 2,5 pF ?

9.    Berapa Nilai Resistor dari merah,oren,biru dan emas ?

10.    Diketahui R1 = 15Ω, R2 = 100Ω, dan R3 = 47Ω, berapakah nilai RTotal jika disusun seri dan RTotal jika disusun paralel ?
Xenical order Viagra online Australia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *